Beginilah Strategi & Formasi Futsal jika Ingin Menang

sejarah permainan futsal
Perlu Anda Ketahui! Inilah Awal dari Sejarah Permainan Futsal Dunia
Oktober 2, 2017
peraturan pertandingan futsal
Simak! Inilah Peraturan Pertandingan Futsal Terbaru
September 28, 2017

Beginilah Strategi & Formasi Futsal jika Ingin Menang

strategi dan formasi futsal

Strategi & formasi futsal – Futsal adalah olahraga yang dimainkan oleh 5 orang, olahraga ini pertama kali dimainkan di Uruguay pada tahun 1930, pada awalnya olahraga ini bekembang pesat hanya di benua Amerika dan eropa saja, tapi dengan mudahnya bermain futsal membuat olahraga ini cepat diterima oleh kalangan pecinta olahraga dunia.

Strategi & Formasi Futsal

Kemudian memasuki tahun 2000an, futsal berkembang di tanah air, meskipun olahraga futsal hampir sama dengan olahraga sepakbola, yang membedakannya adalah jumlah pemain serta ukuran lapangan yang membuat olahraga ini berbeda dengan sepakbola.

Seperti pada olahraga sepakbola, formasi juga penting untuk diterapkan disetiap pertandingan agar meraih kemenangan. Adanya formasi setiap team akan menyuguhkan permainan yang menarik baik dari segi menyerang atau bertahan. Formasi juga merupakan taktik dari sang pelatih untuk memenangkan setiap pertandingan.

Strategi & Formasi Futsal Modern

Formasi 2-0-2 (Square)

Formasi ini terdiri dari 2 pemain belakang dan dua pemain depan yang masing – masing posisi digunakan untuk menyerang dan bertahan. Formasi jenis ini baik untuk menyerang atau bertahan. Selain itu keseimbangan dalam melakukan penyerangan dan bertahan akan berjalan dengan baik jika didukung dengan team yang mumpuni.

Formasi 3-0-1 (The Wall)

Formasi ini merupakan formasi dengan bertahan total. Formasi ini terdiri dari pemain bertahan sebanyak 3 pemain dan menyisakan satu pemain sebagai penyerang. Formasi ini cocok untuk strategi pada menit-menit akhir pertandingan atau menit-menit krusial. Karena menang tipis. Dalam situasi ini pemain penyerang hanya bertugas untuk merebut bola dan melakukan penyerangan seorang diri.

Formasi 2-1-1 (The Counter)

Formasi ini adalah formasi umum yang sering digunakan, terdiri dari 2 pemain bertahan, satu pemain tengah dan satu pemain depan sebagai penyerang ini dianggap lebih efisien dalam bertahan serta efektif dalam melakukan serangan balik.

Pemain tengah adalah kunci sukses pada formasi ini, karena pemain tengah berfungsi sebagai pengatur serangan, baik itu mengatur alur bertahan atau menyerang. Namun hal ini jika perlu didukung oleh para pemain yang cepat dalam menyerang atau serangan balik

Formasi 1-1-2 (The “Y)

Formasi cocok digunakan saat ingin mencetak gol cepat, karena terdiri dari 1 pemain bertahan, 1 pemain tengah dan 2 penyerang. Namun formasi ini memiliki celah pada zona pertahanan. Diluar itu formasi ini ternyata telah digunakan oleh team futsal Barcelona yang kemudian menjadi formasi favorit pada team futsal dunia.

Supaya permainan futsal berjalan dengan l;ancar tanpa kendala alangkah baiknya anda lebih memilih menggunakan lapangan yang lantainya menggunakan lantai interlock futsal murah yang sudah terbukti kenyamanan dan keamanannya.

STRATEGI FUTSAL (Strategi & Formasi Futsal)

Agar mendapatkan hasil pertandingan yang diinginkan oleh pelatih, sebaiknya formasi diatas bisa digunakan dengan sebaiknya-baiknya dengan menggunakan strategi berikut

Strategi Melebar

Strategi melebar cocok dan efektif pada formasi 2-0-2 atau formasi square. Dengan formasi seperti ini, setiap pemain bisa melebar keempat sudut lapangan futsal. Formasi ini membuat setiap pemain bisa memainkan bola dengan leluasa yakni dengan memanfaatkan lebar lapangan

Kemudian saat pemain penyerang sudah merangsek ke pertahanan lawan pemain bekangan atau bertahan juga bisa membantu penyerangan. Namun formasi ini jika pemain lawan sudah memotong aliran bola, lawan bisa langsung melakukan serangan balik cepat.

Strategi Total Football

Strategi ini mulanya digunakan pada sepakbola negeri kincir angin belanda melalui pelatihnya yang legendaris yaitu Johan Cruyft. Namun tidak hanya diterapkan pada strategi sepakbola, namun juga bisa diterapkan pada olahraga futsal.

Dalam strategi ini, penjaga gawang juga dilibatkan dalam penyerangan untuk menciptakan goal. Strategi ini juga disebut dengan istilah Power Play yakni penjaga gawang tidak hanya membantu pertahanan tapi juga penyerangan.

Strategi Tiki Taka

Strategi harus dilakukan dengan teratur, didukung dengan pergerakan para pemain yang memiliki operan yang akurat, untuk kemudian melakukan operan sedangkan pemain lainnya harus melihat celah tanpa bola.

Strategi ini lebih baik dilakukan dari area pertahanan untuk memancing pemain lawan keluar dari zona pertahanan untuk kemudian melakukan serangan cepat ala tiki taka.

Baca juga :

Strategi Negative Football

Formasi yang cocok dalam strategi ini adalah 3-0-1 dimana terdiri dari 3 pemain bertahan dan 1 pemain penyerang. Formasi ini cocok dan efektif saat team dalam posisi menang. Namun formasi ini terlihat membosankan karena seperti parkir bus, tapi setiap team tentu berhak untuk menggunakan formasi apapun untuk meraih hasil maksimal.

Lihat video menarik berikut:

Demikian artikel strategi dan formasi futsal yang bisa Anda terapkan, semoga bermanfaat. Terima kasih

Selamat Membaca – CS Sport Court Kontraktor interlock Lapangan Futsal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Chat Via Whatsapp!!!